Macam-macam Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui

Macam-macam Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui - Asuransi sendiri secara umum di bedakan dalam dua jenis, yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa. Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang paling diburu dan diminati masyarakat luas, namun asuransi kesehatan bukan satu satunya jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Macam-macam Asuransi

Ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis asuransi yang biasa ditawarkan:

1. Asuransi Kesehatan


Asuransi  yang menyediakan perlindungan rawat inap di rumah sakit. Ada dua macam jenis proteksi:

  1. Proteksi dengan sistem kartu (klaim dengan kwitansi asli). Ini maksudnya jika Anda dirawat inap, maka untuk pembayaran Anda cukup menunjukkan kartu provider. 
  2. Proteksi dengan sistem reimbursement. Proteksi semacam ini adalah tunjangan rawat inap harian. Proteksi ini cocok untuk orang yang sudah mempunyai asuransi dari perusahaan, jadi proteksi reimbursement ini hanya untuk menambah kekurangan biaya rawat inap saja.


Proteksi terhadap penyakit kritis

Proteksi sakit kritis. Produk ini hanya memberi proteksi saat penyakit sudah mencapai stadium kritis. Namun jika terjadi resiko meninggal dunia dan belum pernah klaim, maka asuransi penyakit kritis ini bisa menjadi santunan meninggal ke ahli waris.

Asuransi kesehatan ini berfungsi untuk menanggung biaya pengobatan ketika pemegang asuransi sakit, pada umumnya biaya yang telah di cover oleh asuransi jenis ini adalah biaya rawat inap, biaya obat, biaya konsultasi dan biaya rawat jalan. 

2. Asuransi Jiwa


Asuransi jiwa sendiri terbagi dalam Asuransi jiwa term life dan asuransi jiwa whole life. Jika selama ini anda belum memiliki asuransi sama sekali, ada baiknya jika anda memulainya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Ada dua jenis asuransi jiwa:

Term Life:
Asuransi jiwa jenis ini memberi proteksi untuk jangka waktu tertentu ( 1,5, 10 tahun). Ciri-cirinya uang premi hangus di akhir periode, namun nilai tanggungan produk ini jauh lebih besar.

Whole Life:
Jenis ini adalah asuransi jiwa yang memberi proteksi seumur hidup. Preminya tentu lebih mahal daripada asuransi term life. Jika si pemilik asuransi tidak meninggal selama masa kontrak, maka ia bisa mengklaimnya. Namun uang pertanggungannya lebih kecil

3. Asuransi Pendidikan


Asuransi Pendidikan adalah sistem investasi yang bisa dimulai sejak dini untuk mempersiapkan pendidikan buah hati, apalagi jika dihitung dari sekarang maka kita bisa memprediksi biaya pendidikan si kecil ke depannya yang semakin mahal.

4. Asuransi Kecelakaan Kerja


Asuransi ini lazim di kalangan pekerja atau karyawan suatu perusahaan terutama karyawan yang bekerja di daerah yang berbahaya. Biasanya premi dibayarkan oleh perusahaan atas nama karyawan yang telah di daftarkan. Namun jika anda menginginkan mendaftarkan diri secara individu itu juga diperbolehkan.

5. Asuransi Properti dan kendaraan


Asuransi properti dan kendaraan adalah jenis asuransi yang melindungi properti kita berupa rumah dan kendaraan (roda dua maupun empat) dari kerusakan atau kemungkinan hilang. Asuransi jenis ini bukan hal baru lagi untuk kalangan menengah ke atas, karena memang segment pasar untuk asuransi ini diperuntukkan golongan menengah ke atas.

Demikianlah penjelasan tentang Macam-macam Asuransi yang saya pahami mungkin ada lebih dan kurangnya silahkan anda bisa browsing di Google untuk mencari referensi yang lebih lengkap.

0 Response to "Macam-macam Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment