Asuransi Pendidikan Bumiputera yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi Pendidikan Bumiputera - Bukan dikarenakan saya bekerja di AJB BUMIPUTERA 1912 dan serta mengunggulkannya namun AJB BUMIPUTERA 1912 yang masih mempunyai jenis asuransi konvensional (tradisional) yang saya kira cocok bagi masyarakat indonesia secara umum.



berbicra mengenai asuransi saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk asuransi pendidikan (Insurance Education). namun untuk memilih salah satu produk asuransi tentu saja kembali pada diri anda masing-masing, dan yang paling penting adalah pilihlah perusahaan asuransi yang benar-benar terbukti dan terpercaya.

Dari sekian banyak perusahaan asuransi mungkin di AJB BUMIPUTERA 1912 patut anda coba untuk mengikuti program "Asuransi Pendidikan Bumiputera" dengan usia yang menginjak 100 tahun ini sudah sangat cocok bagi masyarakat kalangan menengah tentunya dengan logo slogan barunya proven over time (terbukti dari waktu ke waktu).

Cara Menghitung dana Pendidikan Untuk anak:


  1. Ketahui dulu berapa biaya pendidikan saat ini. Bila saat ini anak Anda masih balita, Anda perlu tahu berapa biaya pendidikan saat ini untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
  2. Hitung, berapa lama lagi anak Anda akan mencapai jenjang-jenjang pendidikan tersebut. Misal, anak Anda baru lahir. Jadi, Anda punya waktu sekitar 4 tahun menyiapkan biaya untuk TK; 6 tahun untuk SD; 12 tahun untuk SMP; 15 tahun untuk SMU; dan 18 tahun untuk PT.
  3. Perkirakan berapa biaya pendidikan anak Anda kelak. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan 10 persen/tahun, maka uang pangkal TK yang pada saat ini, misal, Rp. 5 juta, setelah 4 tahun akan menjadi Rp. 7.320.500. Rumusnya adalah Rp. 5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 x 1,1). Ulangi untuk jenjang-jenjang pendidikan yang lain.
  4. Untuk memproteksi biaya pendidikan anak Anda dari resiko kematian orang tua atau ketidakmampuan orang tua mencari nafkah akibat cacat tetap, ambil asuransi jiwa atau asuransi dana pendidikan. Besar uang pertanggungan (UP) dan beasiswa per tahapnya harus bisa mengcover biaya pendidikan anak yang telah Anda rencanakan di atas.
Pastikan keluarga Anda mendapat manfaat asuransi berupa:
  • Santunan untuk Istri/Suami dan jauh lebih baik bila kedua orangtua menjadi pemegang polis bagi asuransi pendidikan anak2.
  • Seluruh dana tabungan dan bagi hasilnya
  • Uang masuk sekolah TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi
  • Uang sekolah per tahun selama TK, SD (6 tahun) , SMP (3 tahun), SMA (3 tahun), serta Perguruan Tinggi (4 tahun)
5. Mintalah ilustrasi kepada agen asuransi Anda, sehingga Anda mengetahui berapa besar premi asuransi yang seharusnya Anda bayar agar anak Anda bisa meneruskan pendidikan di sekolah dengan kualitas yang Anda inginkan dan memperoleh semua manfaat di atas.

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Dengan Tepat

Jika anda telah yakin dengan asuransi yang ada pilih, di bawah ini beberapa tips untuk dijadikan referensi anda yang ingin memilih asuransi pendidikan anak, seperti yang dikutip oleh detik finance:

1. Menghitung Besarnya Biaya Pendidikan
Satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah menghitung dengan teliti biaya pendidikan saat ini dan biaya tersebut di masa mendatang. Pertama-tama, tentukan dimana Anda akan menyekolahkan anak kemudian hitung biaya sekolah tersebut saat ini.

Dengan menggunakan metode Time Value of Money (Nilai Uang Terhadap Waktu), hitung kebutuhan dana tersebut di masa yang akan datang sesuai dengan tahapan kapan anak tersebut masuk sekolah. Banyak orang salah dalam mengartikan dan melakukan perhitungan ini, sehingga sangat dianjurkan untuk benar-benar detail dalam melakukan perhitungan dengan memperhatikan tingkat inflasi dan tingkat kenaikan biaya pendidikan.

2. Membandingkan Besarnya Premi dengan Nilai Tabungan
Langkah selanjutnya adalah menghitung berapa besar premi yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi, kemudian bandingkan dengan nilai tabungan pendidikan yang dapat ditarik ketika masa penarikan tiba. Dari situ dapat dilihat apakah dana yang akan diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya-biaya sekolah anak Anda.

Hati-hati dan harus selalu diingat bahwa biasanya illustrasi dari perusahaan asuransi memberikan nilai investasi yang dapat ditarik (dibagikan) dalam nilai uang sekarang, bukan nilai uang di masa mendatang.

3. Fleksibilitas Penarikan Dana Pendidikan
Hal lain yang harus juga diperhatikan adalah seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa ditarik. Banyak dari tahapan biaya pendidikan tidak bisa ditarik kecuali pada tahun-tahun yang telah ditentukan seperti tahun ke-7 untuk masuk SD, tahun ke 12 untuk masuk SMP dan seterusnya. Adapun dengan bertambahnya gizi dan semakin cepatnya anak-anak anda bersekolah maka ada kemungkinan dana tersebut tidak dapat ditarik sebelum saatnya.

Demikianlah beberapa pilihan tepat untuk memilih perusahaan Asuransi Pendidikan Untuk Anak Anda.

1 Response to "Asuransi Pendidikan Bumiputera yang Perlu Anda Ketahui"